Wednesday, June 9, 2010

Inspirasi Rumah Panggung untuk Bangunan Rumah Tinggal

Di Indonesia, rumah panggung sudah ada sejak jaman dahulu. Banyak dijumpai di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Motif pembangunan rumah panggung kala itu umumnya untuk menghindari banjir, respon terhadap kondisi lahan yang basah dan berawa serta menghindari binatang buas.


Manfaat rumah tinggal dengan konsep panggung
Konsep rumah panggung bisa diaplikasikan untuk bangunan rumah tinggal masa kini. Besar sekali manfaat yang didapat, di antaranya lahan di bawah rumah bisa dijadikan sebagai area peresapan air. Dampaknya dapat mengurangi resiko banjir, karena air hujan dapat langsung meresap ke dalam tanah tanpa harus membebani saluran air kawasan yang kian berat bebannya akibat makin padatnya pemukiman yang menutupi resapan air permukaan.

Selain itu rumah panggung bisa memaksimalkan pemanfaatan lahan, dengan menggunakan area di bawah rumah menjadi garasi dan ruang bermain bagi anak-anak. Area ini dapat pula ditanami oleh beragam tanaman bermanfaat seperti tanaman obat atau sayur mayur, sehingga selain berfungsi untuk paru-paru rumah, juga dapat dikonsumsi oleh anggota keluarga. Konsep ini bisa menjadi salah satu solusi bagi kawasan padat penduduk, seperti yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia, katakanlah kota Jakarta yang makin rawan banjir.


Rumah panggung kayu bongkar pasang
Hingga kini, masih ada produsen yang memproduksi rumah panggung bongkar pasang dari kayu. Di antaranya pengrajin di Palembang Sumatera Selatan dan Tomohon Sulawesi Utara yang masyarakatnya masih ada yang menghuni rumah panggung secara turun temurun. Biasanya harga dihitung berdasarkan luas ruangan dan jenis kayunya. Kalau ingin dikirim keluar daerah ditambah ongkos pengepakan dan pengiriman.


Ide Desain
Rumah panggung yang dibangun oleh pendahulu kita umumnya hanya memiliki beberapa fungsi ruang yang pokok, yaitu dapur dan ruang tidur. Dengan berkembangnya gaya hidup, kebutuhan manusia juga meningkat dan tercermin pada kebutuhan ruang yang makin luas dan beragam fungsinya.

Berikut beberapa sketsa desain yang dapat menjadi inspirasi bagi rumah tinggal berkonsep panggung masa kini.

Konstruksi yang dipilih bisa beragam; bambu, kayu, beton atau baja. Umumnya bambu dipilih untuk bangunan yang sifatnya terbuka dan tidak memerlukan keamanan khusus (misalnya gazebo, villa resort); konstruksi kayu bisa digunakan untuk daerah yang harga kayunya masih ekonomis di samping tanahnya masih bebas rayap; beton bertulang paling umum digunakan untuk bangunan modern karena kemudahan memperoleh bahan baku dan tenaga kerja, daya tahannya yang kuat dan relatif bebas perawatan; sedangkan konstruksi baja dapat dipilih untuk pengerjaan yang relatif lebih cepat dan ‘bersih’ dalam pengerjaannya (karena tidak melibatkan adukan cor, biasanya sambungan antar baja dengan teknik las atau dibaut) di samping karakternya yang memberikan kesan futuristik.

2 comments:

  1. q pengen buat rumah panggung tapi untuk ruang tamunya aja..... trus bawahnya bwt garasi....panggung nya gax usah tingi2.... yg penting gak jentus kepala.... bagus x yaaa....

    ReplyDelete
  2. inspirasi yang tepat untuk desain rumah tinggal
    Konsuultan arsitek surabaya | Desain arsitektur & interior
    http://adi-munandar.blogspot.com

    ReplyDelete